Kuliah Alih Tahun PERSETIA 2014 “Politics According to Christianity and Islam”

Sejak tahun 1996 kegiatan Kuliah Alih Tahun (KAT) berlanjut secara rutin setiap tahun dan diikuti sekolah-sekolah anggota yang memiliki program pascasarjana. Dosen-dosen pembimbing kegiatan tersebut didatangkan dari luar negeri, khususnya Australis, Asia dan Amerika Serikat.

Sesuai rencana, KAT tahun 2014 berlangsung di Kampus Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW), Kupang dengan pelaksana Program Pascasarjana Teologi UKAW. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 7 sampai 19 Juli 2014. Tema yang dibahas dalam perkuliahan ini adalah “Politics according to Christianity and Islam”. Pokok ini dibahas ,. oleh lima orang dosen, tiga berasal dari luar negeri dan dua dari dalam negeri. Pada minggu pertama 7-11 Juli 2014 mahasiswa dibimbing oleh: Sumanto Al Qurtuby, Ph.D. dari Kroc Institute for International Peace Studies, University of Notre Dame, USA. ‘Judul perkuliahannya adalah : “Study on Muslim, Politics and Culture”, yang diakhiri dengan ujian paper oleh para mahasiswa.

Pada minggu kedua, 14-18 Juli 2014 mahasiswa membahas judul : “Religion, Reaction and Change, from a Christian and Islam Perpective”, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Randall Miller dari Cultural and Historical Studi, Pacific Study of Religion, California, USA, dan Prof. Dr. Ruard Ganzevoord dari FU Nederland, yang diutus oleh PKN/ICCO KiA, Belanda. Pada minggu kedua tersebut peserta dibagi dalam 2 (dua) kelas dan diakhiri dengan ujian paper.

Di tengah perkuliahan yang padat ini, para mahasiswa sempat diundang Gubernur NIT untuk beramah-tamah pada tanggal 8 Juli 2014, mengikuti Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tanggal 9 Juli, berkhotbah dalam ibadah minggu 13 Juli di jemaat-jemaat GMIT dan exposure di Kota Kupang dan sekitar. Kuliah ini telah diikuti oleh 54 mahasiswa S-2 dari Program Pascasarjana di: STT Cipanas, STT Jakarta, STT Intim Makassar, UKSW Salatiga, dan UKA W Kupang. Dari KAT ini setiap mahasiswa mendapat 2 nilai, yang telah disampaikan oleh pengurus ke sekolah-sekolah peserta. Secara teknis kegiatan KAT telah berjalan dengan lancar dalam kordinasi Dr. Mery Kolimon, Direktur Pascasarjana Teologi UKA W. Secara akademik, acara ini dibimbing sesuai tujuannya atas peranan para Pembimbing Akademik: Dr. Retnowati dari Fakultas Teologi UKSW dan Resti Amawa, M.Th. dari SIT Intim Makassar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*