Agama dan Masyarakat (Religion and Society)

Kuliah Alih Tahun (KAT) PERSETIA 2016 telah dilaksanakan di STT HKBP Pematang Siantar, Jalan Sangnawaluh No. 6 Pematang Siantar, Sumatra Utara. Kuliah Alih Tahun (KAT) telah diselenggarakan oleh PERSETIA kurang lebih 15 tahun lalu dalam rangka memajukan pendidikan teologi dan mengembangkan pemikiran teologi kontekstual di Indonesia. Program ini sejak awal dilaksanakan untuk para mahasiswa S-2 Sekolah-sekolah anggota PERSETIA. Kuliah Alih Tahun (KAT) 2016  berlangsung dari tanggal 18-30 Juli 2016 dengan tema “Agama dan Masyarakat” (Religion and Society). Hubungan antara agama dan negara sering berlangsung  dalam suasana  mempengaruhi  dan  memanfaatkan satu dengan yang lainnya. Karena itu kelanjutan studi KAT menfokuskan diri pada bagaimana hubungan agama-agama itu sendiri  dengan  masyarakat  yang  diatur  dan ditatakelola  oleh negara dalam hal ini pemerintah.

KAT PERSETIA 2016, dilaksanakan dalam Tiga Blok dan dibagi dalam dua kelas yaitu kelas berbahasa Indonesia dan kelas berbahasa Inggris. Blok I berlangsung 18-22 Juli 2016 dengan mata kuliah kelas berbahasa Indonesia “Defenisi agama dan masyarakat serta fungsi dan peran agama dalam masyarakat dalam perspektif Kristen”, yang diampu oleh Pdt. Dr. Tony Tampake (Ketua Program Magister Agama dan Masyarakat UKSW Salatiga). Mata kuliah kelas berbahasa Inggris “The defenition of religion and society an the function and role of the religion in society in christian perspective” yang  diampu  oleh   Prof.  Sophie  van  Bilsterveld  (Professor  of religion law and society readboud University, Netherlands). Pada KAT tahun ini, Blok II yang biasanya Kuliah Umum diganti menjadi Pelatihan Menulis pada Sabtu, tanggal 23 Juli 2016 yang dibagi dalam dua kelas yaitu “Academic Writting” dibawakan oleh Pdt. Dr. Asnath Niwa Natar (Dosen Fakultas Teologi UKDW) dan „Popular Writting” dibawakan oleh Pdt. Ir. Yoel Indrasmoro, S.Th.

Blok III berlangsung 25-30 Juli 2016 dengan mata kuliah kelas berbahasa Indonesia “Pelembagaan agama dan pengaruhnya dalam masyarakat (konflik, komitmen dialog dan rekonsiliasi agama)” diampu oleh Pdt. Dr.
Abraham Silo Wilar (Dosen STT Intim Makassar. Mata kuliah kelas berbahasa Inggris ” Institutionalization of religion and its influence in society Conflict, commitment, dialogue and recociliation of religion” dengan dosen pengampuh Rev. Dr.Leon van den Broeke (Assitent Professor religion low and seciety choir center for religion and low faculty of theology Vrije Universiteit Amsterdam). Peserta KAT 2016 terdiri dari 97 orang mahasiswa pasca sarjana. Sekolah anggota yang mengutus mahasiswanya dalam perkuliahan ini adalah MSA UKSW, PPST UKIT Tomohon, PPST STT Jakarta, PPST UKDW, PPST STT I.s Kijne Papua, PPST STT Abdi Sabda, PPST STT HKBP, PPST STT IKAT dan PPST UKIM Ambon. Evaluasi dan refleksi peserta KAT 2016 menyatakan bahwa bahwa kuliah bersama selama dua minggu ini telah memberi banyak inspirasi, pembelajaran, bahkan pengalaman tak terlupakan melalui kuliah dan diskusi, dimana semua itu berkontribusi dalam membangun pemahaman berteologi dengan kontekstual.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*