Kuliah Alih Tahun PERSETIA 2013 “Kebangkitan Agama-agama dan Neo Karismatik serta Pengaruhnya terhadap Pembangunan Jemaat”

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mahasiswa S-2 Sekolah-sekolah anggota pada tanggal 7-20 Juli 2013 di Kampus STT Cipanas, Jawa Barat. Lebih dari 15 tahun kuliah seperti ini telah dilaksanakan dengan dosen-dosen pembimbing dari luar negeri sekaligus untuk memberikan pengalaman internasional kepada para peserta. Lewat studi bersama seperti ini peserta memiliki motivasi untuk berkomunikasi dan berpikir dalam konteks global sambil mengimplementasikannya dalam konteks lokal.

Tema KAT tahun ini adalah “Kebangkitan Agama-agama dan Neo Karismatik serta Pengaruhnya terhadap Pembangunan Jemaat”. Tema ini merupakan pilihan yang menarik, didasarkan pada realitas bahwa Kebangkitan Agama-agama dan Neo Karismatik telah menciptakan spiritualitas baru yang pada gilirannya memengaruhi pembangunan Jemaat. Melalui studi ini dilakukan rekonstruksi dan dekonstruksi terhadap nilai-nilai dan praktek agama-agama sekaligus juga diupayakan bentuk-bentuk hermaneutik baru untuk membuka cakrawala baru terhadap kompleksitas agama-agama dalam hubungan dengan metode berteologi.

Dua dosen asing dari Amerika Serikat telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu: Dr. Richard Nelson  Boyce,  Associate  Profesor  for  Preaching  and  Pastoral  Leadership,  Union  Presbyterian Seminary in Charlottre North Carolina; dan Dr. Malcolm Brownlee, Honorably Ritired Minister in The Presbyterian Chrurch and Consultant Congregation Transformation Rockbridge Baths. Kegiatan yang dibimbing oleh Sekretaris Pengurus, Dr. Retnowati, M.Si. dan Wakil Bendahara Pengurus, Resty Arnawa, M.Th. ini, dibagi atas 3 blok. Blok I berlangsung tanggal 8-12 Juli 2013 di mana perserta dibagi  dalam  2(dua) kelompok  dibimbing oleh  Dr.  Richard  Boyce dengan  tema : Incarnational Faith; Embodying belief in practice; dan Dr. Malcolm Brownlee dengan tema: Transformational Planning for a Missional Chruch.

Blok II berlangsung tanggal 13 Juli 2013, diisi oleh Dr. Suhadi Chollil dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dengan tema: Agama-agam dan Pencarian Identitas Islam. Sementara Blok III dilaksanakan tanggal 15-18 Juli 2013, dibimbing oleh Dr. Alisa Barker dari Gereja Metodis Indonesia (GMI) di Medan dengan tema: Biblical Theology of Mission. Para mahasiswa S-2 Teologi yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 83 orang dari STT Cipanas, STT Jakarta, STT HKBP Pematang Siantar, UKSW Salatiga, UKAW Kupang, UKIM Ambon, STT Intim Makassar, UKIT Tomohon dan ITAS Medan. Para peserta yang mendapat nilai (masing-masing dua nilai) berjumlah 79 orang.

Kegiatan ini dikoordinir Ketua Program Pascasarjana STT Cipanas Dr. Barnabas Ludji melalui Panitia Pelaksana dengan Sugi, M.Th, selaku Ketua, Lie Sioe Lie, S.Th. sebagai Sekretaris dan Yuliana, S.E. sebagai Bendahara.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*