Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi di Indonesia (KNMTI) PERSETIA 2021

KNMTI 2021

Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi di Indonesia (KNMTI) PERSETIA 2021 dengan tema “Pemuda, Identitas Agama, dan Ruang Publik” telah berjalan dengan baik secara virtual pada tanggal 25 – 27 Oktober 2021 melalui aplikasi ZOOM Meeting.
Para naarsumber yang memperkaya peserta dalam KNMTI 2021 antara lain :

  1. Hans A. Harkamaputra, Ph.D ( Dosen Hartford Seminary/Hartford International University for Religion and Peace ) dengan topic “Kaum Muda Berteologi di Ruang Publik”.
  2. Moh. Suaib Tahir (Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dengan topic “Radikalisme dan Kaum Muda “
  3. Ang Wie Hay, M. Sc., M. Div ( Praktisi IT) dengan topic “Cerdas Bermedia Melawan Radikalisme”
  4. Abdiel Fortunatus Tanias (PGI), Roberto Duma Buladja (GMKI) dan Pdt. Eklin Amtor de Fretes bersama-sama membawakan topic “Pemuda Melawan Radikalisme: Perspektif Kristen Protestan”.
  5. Redy Saputro (Ketua Peace LeaderAMAN Indonesia), Romo Wilhelmus Yornes Panggur OFM, Tialin Barutu (Advisor YIPC) bersama-sama membawakan topic “Pemuda Melawan Radikalisme: Perspektif Lintas Agama”. Youth Interfaith Peacemaker Community (YIPC)
    Selain paparan naarsumber, ada juga presentasi 5 Paper terbaik dengan urutan dibawah ini:
    Juara 1, STFT Jakarta dengan juduk makalah “Melawan Radikalisme dalam Media Sosial pada Konteks Pemuda-Pemudi Indonesia”
    Juara 2, FTh UKIM Ambon dengan judul makalah “Kerapuhan Bermedia Sosial: Tantangan Pemuda Gereja dalam menangkal Radikalisme”
    Juara 3, STT GKT Tentena dengan judul makalah “Menyikapi Polarisasi Digital Terhadap Kaum Muda GKST: Ditinjau dari Aspek Psikologi dan Pendekatan Kearifan Lokal Suku Pamona “Budaya Mombetubunaka” .
    Juara 4, STT Sriwijaya Palembang dengan judul makalah “Sikap Pemuda Kristen Terhadap Maraknya Ujaran Kebencian Antar Umat Beragama ( Hate Speech Between Religions ) di Media “.
    Juara 5, STT Amanat Agung dengan judul makalah “Menyuarakan Toleransi dalam Pelbagai Drama”.
    Kegiatan ini diikuti oleh 135 orang peserta dari mahasiswa sekolah anggota dan calon anggota serta mitra PERSETIA. Selain paper terbaik, peserta juga berkompetisi dalam kampanye anti radikalisme lewat video-video terbaik karya peserta KNMTI PERSETIA 2021. Lima video terbaik diraih oleh STT Alteheia Malang, STT Abdiel Ungaran, STT SAPPI Ciranjang, FTh UKSW dan STT Elohim Malang. Kiranya kegiatan ini bermanfaat bagi lembaga pendidikan teologi di Indonesia. #salamperdamaian #pemudaantiradikal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*