LOKAKARYA NASIONAL PELAPORAN AKADEMIK PADA FEEDER PANGKALAN DATA PERGURUAN TINGGI

Lokakarya Nasional Pelaporan Akademik pada Feeder Pangkalan Data Perguruan Tinggi telah berlangsung dengan baik di Fakultas Teologi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta pada tanggal 16-18 Februari 2016. Program ini bertujuan untuk terpenuhinya Pelaporan Akademik pada Feeder PD DIKTI oleh sekolah–sekolah Anggota PERSETIA, khususnya sekolah-anggota yang berada di bawah pembinaan kementerian Agama, sejalan dengan design program PERSETIA yang berkaitan dengan penjaminan mutu dan keberlanjutan dari sekolah-sekolah anggota PERSETIA.
Lokakarya Nasional ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Kristen Duta Wacana, Ir. Henry Feriadi, Ph.D dan oleh Wakil Ketua PERSETIA Pdt. Yusak Budi Setyawan, Ph.D yang juga sekaligus menjadi Project Officer Kegiatan ini. Lokakarya diikuti oleh 38 orang peserta dari seluruh Indonesia, dimana 32 orang mewakili sekolah anggota dan ada 6 orang dari sekolah calon anggota PERSETIA.
Pdt. Yusak Budi Setyawan Ph.D sebagai PO menyatakan bahwa sehubungan dengan dinamika penyelenggaraan Perguruan Tinggi di Indonesia yang utamanya berkaitan dengan sistem Pelaporan Akademik pada Feeder PDDIKTI, maka menjadi sangat urgent bagi sekolah-sekolah anggota PERSETIA untuk dipersiapkan dengan serius menghadapi hal itu. Secara faktual 36 sekolah tinggi anggota PERSETIA yang ada di bawah pembinaan Kementerian Agama hampir semuanya selama ini tidak atau belum melakukan pelaporan akademik pada Feeder PDDIKTI karena berbagai macam kendala.
Terlepas dari berbagai macam persoalan internal pada masing-masing sekolah anggota, pelaporan akademik pada Feeder PDDIKTI harus segera dilakukan. Setiap sekolah anggota PERSETIA diharapkan dengan sungguh-sungguh dapat memenuhi tuntutan dan aturan-aturan sebagaimana diharapkan dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Lokakarya Nasional ini difasilitasi oleh staf Fakultas Teologi UKDW yang sekaligus menjadi narasumber dan pelatih dengan beberapa materi diantaranya : ”Tata Laksana Pelaporan Akademik Pada Feeder PD DIKTI (Pengenalan Penggunaan PD DIKTI Konvensional/EPSBED)” & ”Pelatihan Update Profil Universitas dan Program Studi dalam laman Forlap DIKTI” oleh Eka Dewi Mayasari S.

Sesi lain ”Pelatihan Update Data Dosen di PD DIKTI melalui laman Forlap DIKTI” & ”Pelatihan Penggunaan DIKTI Feeder” oleh Agus Cahyo Nugroho S. Kom.

Lokakarya Nasional kemudian dilanjutkan dengan melibatkan peserta berlatih langsung untuk input data ke Feeder PDDIKTI dengan data masing-masing sudah dipersiapkan peserta.

Terimakasih kepada UEM yang sudah mendukung pembiayaan program ini dan kepada Fakultas Theologi UKDW sebagai host.