Semiloka Pustakawan Teologi Regional Indonesia Timur 2016

Dalam upaya memajukan sekolah-sekolah anggotanya, PERSETIA terus berupaya mengembangkan unit-unit penting yang terkait dalam lembaga pendidikan termasuk perpustakaan. Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Pustakawan Teologi Regional Indonesia Timur merupakan sebuah upaya tindak lanjut pengembangan unit penting lembaga pendidikan.

Sekolah Tinggi Teologi Jaffray Makassar, Sulawesi Selatan menjadi host Semiloka Pustakawan Teologi Regional Indonesia Timur 2016. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19-22 April 2016 dengan tema: ”Pemberdayaan Pustakawan dalam Memajukan Pendidikan Teologi di Indonesia”.

Pengantar Umum tentang Kondisi dan Perkembangan Perpustakaan Teologi di Indonesia disampaikan oleh Hilda V. Putong, S.Sos., M.P selaku Pembimbing Akademik. Literasi Informasi disampaikan oleh Toni Afandi, M.Th., M.P (Pustakawan STT SAAT Malang), Perpustakaan Digital dan Digitalisasi Konten Lokal disampaikan oleh Hilda V. Putong, S.Sos., M.P (Pustakawan STT Jakarta),  Otomasi dan Modul Digital Perpustakaan (ISPEKTRA dan  SLIM) disampaikan oleh Farly Rondonuwu, S.Th (Pustakwan UKI Tomohon) dan TIM.

Peserta Semiloka Pustakawan Teologi berasal dari sekolah-sekolah Anggota PERSETIA dan Calon Anggota PERSETIA yang ada diregional Indonesia Timur yaitu: STT INTIM Makassar, FTh UKIM Ambon, FTh UKI Tomohon, PPsT UKI Tomohon, FTh UKAW Kupang, STT GKE Banjarmasin, STT GKI I.S. Kijne Abepura, STT GKST Tentena, STAKN Toraja, STAKAN Manado, STAKN Kupang, STT Mamasa, STT Bala Keselamatan Palu, STT GKS Lewa, STT Blessing Makassar, STT Bisanry Makassar, STT Mamuju,  STT Abdi Tuhan Injili Kalbar, UKIT Ds. Wenas, UKI Toraja dan STAKPN Tarutung.

Semiloka Pustakawan Teologi Regional Indonesia Timur ini diikuti 25 orang peserta.  Semiloka ini terselenggara atas kerjasama PERSETIA dengan jaringan ForPPTI (Forum Pustakawan dan Perpustakaan Teologi di Indonesia).

Hasil evaluasi peserta menunjukkan bahwa Semiloka ini telah membawa manfaat besar bagi setiap peserta untuk memajukan perpustakaan di sekolah masing-masing ketika mereka kembali. Semiloka ini juga diharapkan menjadi wadah membangun jejaring antara perpustakaan teologi di seluruh Indonesia juga jejaring bagi para pustakawan teologi di seluruh Indonesia.

  Terimakasih kepada ForPPTI yang semua narasumber yang sudah berkontribusi, juga kepada STT Jaffray yang sudah menjadi tuan/nyonya rumah serta kepada seluruh peserta Semiloka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*