Memajukan Pendidikan Teologi dan Mengembangkan Pemikiran Teologi Kontekstual di Indonesia.

Kuliah Alih Tahun PERSETIA 2016 telah dilaksanakan di STT HKBP Pematang Siantar, Jl. Sangnawaluh no. 6 Pematang Siantar, Sumatra Utara. Kuliah Alih Tahun (KAT) telah diselenggarakan oleh Pengurus PERSETIA kurang lebih 15 tahun lalu dalam rangka memajukan pendidikan teologi dan mengembangkan pemikiran teologi kontekstual di Indonesia. Program ini sejak awal dilaksanakan untuk para mahasiswa S-2 yang dilaksanakan oleh Sekolah-sekolah anggota. Bertindak sebagai “host” salah satu sekolah anggota yang memiliki Program Pascasarjana Teologi yang bernaung dibawah pemerintah dan yang memiliki kurikulum yang terakreditasi. Sehingga memungkinkan untuk memberikan nilai kepada para mahasiswa peserta KAT.
Kuliah Alih Tahun (KAT) 2016 untuk mahasiswa S-2 masih melanjutkan alur pemikiran dari tema Hubungan Agama dan Negara yang dibahas dalam KAT 2015. Pokok yang dibahas dalam KAT 2016 adalah Agama dan Masyarakat (Religion and Society). Hubungan antara agama dan negara sering berlangsung dalam suasana mempengaruhi dan memanfaatkan satu dengan yang lainnya. Karena itu kelanjutan studi KAT menfokuskan diri pada bagaimana hubungan agama-agama itu sendiri dengan masyarakat yang diatur dan ditatakelola oleh negara dalam hal ini pemerintah. Masyarakat Indonesia, khususnya agama-agama (baik yang diakui maupun tidak) berkembang dan bertumbuh dengan sangat cepat. Bahkan 10 tahun terakhir ini cenderung tanpa terkendali.
Masyarakat Indonesia, sesudah Reformasi 1998 mengalami perkembangan yang signifikan baik dalam hal yang positif maupun yang negatif. Secara positif masyarakat berlajar berdemokrasi dan memahami apa itu kebebasan berpikir, berbicara dan bertindak. Dalam tahap tertentu warga masyarakat belajar menghargai perbedaan dan menyesuaikan diri dengan arah pembangunan dan dicapai oleh bangsa Indonesia, yaitu masyarakat adil dan makmur.
KAT PERSETIA 2016 dilaksanakan dalam Tiga Blok. Blok I sejak 18-22 Juli 2016 dengan dosen pengampuh mata kuliah Prof. Sophie van Bilsterveld (Professor of religion law and society readboud University, Netherlands) membahas tentang “The devenition of religion and society an the function and role of the religion in society in christian perspective”. Sementara Pdt. Dr. Tony Tampake (Ketua Program Magister Agama dan Masyarakat UKSW Salatiga) membahas tentang “Defenisi agama dan masyarakat serta fungsi dan peran agama dalam masyarakat dalam perspektif Kristen”. Blok II 23 Juli 2016 Writing Workshop dibawakan oleh Pdt. Dr. Asnath Niwa Natar (Dosen Fakultas Teologi UKDW) dan Pdt. Ir. Yoel Indrasmoro, S.Th (Editor www.satuharapan.com). Blok III 25-30 Juli 2016 dengan dosen pengampuh mata kuliah Dr.Leon van den Broeke (Assitent Professor religion low and seciety choir center for religion and low faculty of theology Vrije Universiteit Amsterdam) membahas tentang “Institutionalization of religion and its influence in society Conflict, commitment, dialogue and recociliation of religion”. Sementara Pdt. Dr. Abraham Silo Wilar (Dosen STT Intim Makassar) membahas tentang “Pelembagaan agama dan pengaruhnya dalam masyarakat (konflik, komitmen, dialog dan rekonsiliasi agama)”.





Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*