Aku Cinta Alam Indonesia : Berteologi dengan Alam Untuk Mewujudkan Gaya Hidup Bijaksana

Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi di Indonesia (KNMTI) 2016 telah berlangsung dengan baik di STT GKE Banjarmasin dengan tema ”AKU CINTA ALAM INDONESIA: BERTEOLOGI DENGAN ALAM UNTUK MEWUJUDKAN GAYA HIDUP BIJAKSANA”. Adapun tujuan KNMTI 2016 antara lain: mendalami secara bersama arti dan makna rasa cinta kita terhadap bangsa kita Indonesia; memiliki pengetahuan dan pengalaman bersama dalam mengidentifikasi berbagai persoalan ekologi yang dihadapi oleh bangsa guna mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia yang seutuhnya; mengembangkan pengetahuan teologis dalam memahami peran diri sebagai seorang teolog muda dalam memberikan sumbangan yang berarti dalam pengembangan pemahaman ekologi; merumuskan bersama kegiatan yang dapat dilaksanakan secara bersama di wilayah masing-masing sebagai upaya berteologi kontekstual di Indonesia.

KNMTI 2016 dibuka secara resmi oleh Ketua STT GKE, Banjarmasin Pdt. Dr. Kinurung Maleh Maden, serta dihadiri oleh Ketua Sinode GKE Pdt. Dr. Wardinan S. Lidim yang memberikan sambutan di acara pembukaan. Peserta KNMTI 2016 berjumlah 74 orang mahasiswa yang berasal dari sekolah anggota dan calon anggota PERSETIA. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti sesi-sesi selama KNMTI berlangsung.

Para narasumber yang berkontribusi dalam KNMTI adalah WALHI Kalimantan Selatan yang membukakan realitas krisis ekologi di Kalimantan. Sesi lainnya adalah, Persfektik Etika dan Teologi tanggungjawab ekologis gereja oleh Pdt. Dr. Kinurung Maleh, Persfektif Nilai-nilai ekologis dalam budaya Dayak oleh Pdt. Dr. Keloso Ugak. PERSETIA mengucapkan terima kasih kepada para narasumber dan peserta yang sudah berkontribusi dalam KNMTI ini. Terima kasih sebesar-besarnya kepada civitas akademika STT GKE secara khusus seluruh panitia KNMTI yang begitu luar biasa mempersiapkan acara ini. Kiranya KNMTI 2016 tidak hanya berakhir di ruang diskusi namun biasa ditindaklanjuti dengan karya nyata kita semua dalam mencintai alam  dan semakin bijaksana dalam merawat alam.

Syukur kepada Tuhan Allah, tepat di hari kedua pennyelengaraan KNMTI, PERSETIA berulang tahun yang ke-53 (27 Oktober 1963 – 27 Oktober  2016). Hari  Ulang Tahun PERSETIA yang ke-53 ini dirayakan bersama seluruh peserta KNMTI dan seluruh civitas akademika STT GKE, Banjarmasin. Terimakasih kepada panitia yang telah mendesain sebuah kejutan dengan membawa kue ulangtahun. Pemotongan kue oleh Direktur Pelaksana, Project Officer KNMTI Petrus Bimo, S.Si dan bersama pimpinan STT GKE Banjarmasin. Dengan sukacita kue diberikan kepada tujuh (7) peserta KNMTI sebagai perwakilan para pengurus PERSETIA yang berasal dari STT Jakarta, FTh UKSW, FTh UKIT, FTh UKDW, I3 Batu, FTh UKAW dan STT INTIM. Kiranya Tuhan memberkati PERSETIA dan seluruh Sekolah Anggota dalam karya bersama untuk memajukan pendidikan teologi di Indonesia.

Tuhan memberkati kita semua.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*